Ketidaklayakan Fasilitas Dari Pemerintah Kepada Atlet Wushu

        Asian Games menyisakan beberapa bulan lagi menjadikan para atlet harus mempersiapkan dengan maksimal. Anggaran yang digelontorkan untuk acara ini pun tidak kecil. Berbanding terbalik dengan hal tersebut, tempat latihan beberapa cabang olahraga masih belum memadai. Target yang di canangkan untuk cabang olahraga menjadi hal yang perlu diperjuangkan dengan tempat latihan yang kurang mendukung.

       Salah satunya cabang olahraga Wushu. Sarana untuk latihan seperti karpet masih ada yang bolong dan kurang banyak hingga atap gedung yang kurang baik adalah beberapa masalah yang dihadapi. Solusi dari masalah tersebut belum kunjung datang. Padahal pemerintah sudah menjanjikan harapan untuk masalah tersebut, namun sampai lima bulan sebelum Asian Games dimulai harapan tersebut belum terealisasikan.

      Hal tersebut sangat membawa dampak yang signifikan kepada para atlet. Mental adalah salah satunya. Mental para atlet sangat diuji dalam kondisi saat ini. Demi membela Indonesia di ajang Internasional tidak ada kata putus asa untuk para atlet. Rasa nasionalisme dan realistis kepada target bersinggungan dalam benak para atlet. Adapun untuk kelayakan tempat latihan masih perlu dipertanyakan. Apakah sudah baik, cukup baik ataupun belum baik kembali lagi kepada bagaimana para atlet menyikapinya. Karena bagi mereka, harga diri dan martabat Negara serta kesucian lambang garuda adalah hal sakral. Kalah sebelum berjuang tidak ada dalam kamus hidup mereka. Dipuji tidak terbang, dicaci tidak tumbang!